Internal SPPD/ESS SiteMap
PLN Wiki | Web Versi Lama



Sumber : Merdeka.com

Merdeka.com - PT PLN (Persero) menargetkan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Pangkalan Susu dengan kapasitas 2x200 Mega Watt (MW) dapat beroperasi pada bulan Oktober tahun ini. Saat ini, pembangkit tersebut sedang menjalani masa pengujian setelah selesai dibangun.

"Pengujian memerlukan waktu enam bulan. Kalau lulus mata ujiannya, baru bisa dioperasikan," ujar Direktur Utama PLN Nur Pamudji di Gedung Direktorat Jenderal Pajak, Jakarta, Selasa (8/4).

Nur mengatakan PLTU Pangkalan Susu nantinya akan menyediakan listrik untuk menerangi kawasan Sumatera bagian utara. Tetapi, hal itu harus didukung dengan pembangunan infrastruktur lain salah satunya pembangunan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (Sutet).

Terkait dengan hal ini, kata Nur, Menteri BUMN Dahlan Iskan telah mengumpulkan gubernur dan sejumlah kepala daerah di kawasan Sumatera Utara bersama sejumlah BUMN karya. Pertemuan ini membahas rencana pembangunan Sutet kapasitas 500 Kilo Volt (KV) yang akan mengalirkan listrik dari Muara Enim menuju Medan.

"Gubernur dan bupati mendukung dan siap mempermudah proses perizinan, juga pembebasan tanah karena persoalan yang sulit adalah dua ini," kata Nur.

Selanjutnya, Nur mengatakan, proyek Sutet ini dibangun pada tahun ini dan diperkirakan selesai pada bulan Oktober 2017. Menurut dia, survei rute akan dilaksanakan terlebih dulu pada bulan Mei tahun ini. "Survei butuh waktu 3 bulan. 3 bulan berikutnya kita bangun," ungkap Nur.

Selanjutnya, terang Nur, pembangunan Sutet ini akan dikerjakan oleh BUMN karya. Terkait kepemilikan, Nur mengaku PLN tidak memiliki saham dalam proyek tersebut.

"PLN tidak punya saham. Nanti dimiliki oleh BUMN karya dan perusahaan lain. PLN nanti sewa," ungkap dia.

Lebih lanjut, Nur menambahkan, proyek ini akan menelan biaya mencapai Rp 10 triliun. "Pendanaan akan diusahakan oleh BUMN karya dan bank," pungkas dia.

Sumber : merdeka.com

.....
Kategori : Dari Media on Kam, 10 Apr 14[09:49]
 






Info Tagihan Listrik
Masukkan IDPEL anda
12 Digit (misal : 511010112345)
   
PT PLN (Persero)
Distribusi Jawa Timur
Jl. Embong Trengguli
No. 19 - 21
Surabaya - Indonesia
LIHAT PETA · ALAMAT AREA
 
Copyright @2009 PT. PLN (PERSERO) DISTRIBUSI JAWA TIMUR. All Rights Reserved. Original Design by template world